Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Malaikat tertinggi

"Amin, amin, aku berkata kepadamu, kamu akan melihat surga terbuka dan malaikat Tuhan naik dan turun atas Anak Manusia." Yohanes 1:51

Ya, malaikat itu nyata. Dan mereka perkasa, mulia, cantik dan luar biasa dalam segala hal. Hari ini kami menghormati tiga dari banyak malaikat di Surga: Mikhael, Gabriel dan Raphael.

Malaikat ini adalah "malaikat agung". Malaikat utama adalah malaikat urutan kedua tepat di atas malaikat pelindung. Secara keseluruhan, ada sembilan ordo makhluk surgawi yang biasa kita sebut sebagai malaikat dan kesembilan ordo ini secara tradisional diatur ke dalam tiga bidang. Seluruh hierarki secara tradisional diatur seperti ini:

Bola Tertinggi: Seraphim, Cherubim dan Thrones.
Lingkungan Tengah: Dominions, Virtues and Powers.
Lingkungan Bawah: Principalities, Archangels and Angels (Guardian Angels).

Hirarki makhluk surgawi ini diatur sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Makhluk tertinggi, Seraphim, diciptakan semata-mata untuk tujuan mengelilingi Singgasana Tuhan dalam penyembahan dan pemujaan abadi. Makhluk terendah, Malaikat Pelindung, diciptakan untuk tujuan merawat manusia dan mengkomunikasikan pesan Tuhan. Malaikat Agung, yang kita hormati hari ini, diciptakan dengan tujuan untuk membawa pesan-pesan yang sangat penting bagi kita dan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang paling penting dalam hidup kita.

Michael terkenal sebagai penghulu malaikat yang diberi kuasa oleh Tuhan untuk mengusir Lucifer dari Surga. Lucifer secara tradisional dianggap sebagai makhluk surgawi tertinggi dan, dengan demikian, diusir oleh malaikat rendah adalah penghinaan yang cukup.

Gabriel terkenal sebagai malaikat agung yang membawa pesan Inkarnasi kepada Perawan Maria yang Terberkati.

Dan Raphael, yang namanya berarti "Tuhan menyembuhkan" disebutkan dalam Kitab Tobit Perjanjian Lama dan dikatakan telah dikirim untuk menyembuhkan mata Tobit.

Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang malaikat agung ini, penting untuk mempercayai mereka, menghormati mereka, dan berdoa kepada mereka. Kami berdoa kepada mereka karena kami percaya Tuhan telah mempercayakan mereka dengan misi untuk membantu kami membawa kesembuhan, melawan kejahatan dan mewartakan Firman Tuhan. Renungan Katolik Hari ini Kekuatan mereka berasal dari Tuhan, tetapi Tuhan telah memilih untuk menggunakan malaikat agung, dan semua makhluk surgawi, untuk mencapai rencana dan tujuan-Nya.

Renungkan, hari ini, atas pengetahuan Anda tentang para malaikat. Apakah Anda percaya pada mereka? Apakah Anda menghormati mereka? Apakah Anda mengandalkan perantaraan dan mediasi mereka yang kuat dalam hidup Anda? Tuhan ingin menggunakannya, jadi Anda harus benar-benar mencari bantuan mereka dalam hidup Anda.